Teori Perilaku Konsumen Dengan Pendekatan Ordinal

 NAMA : BOBIC ALEXZANDER SETIAWAN

NBI : 1232000019

Pengantar Ekonomi Mikro K

 

- Pendekatan Ordinal

kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi sejumlah barang tidak dapat diukur dengan angka- angka atau numerik tetapi hanya dapat diperbandingkan, mana yang lebih tinggi atau mana yang lebih rendah.

Pembandingan suatu barang dengan barang yang lain, lalu memberikan urutan dari hasil pembandingan tersebut Sehingga dapat mengungkapkan manfaat yang diterima konsumen dalam mengkonsumsi kombinasi dua barang.

Dalam pendekatan ordinal, cara membandingkan kepuasan konsumen dengan menggunakan konsep Pendekatan Indiference Curve

-         -  Contoh penggunaan metode ordinal antara lain dalam suatu lomba atau kejuaraan, pengukuran indeks prestasi dan pengukuran yang sifatnya kualitatatif misalnya bagus, sangat bagus, paling bagus.

Kelemahan pendekatan kardinal : kepuasan konsumen dari mengkonsumsi barang dapat diukur dengan satuan kepuasan sampai pengukuran semacam ini sulit dilakukan.

- Kurva Indifferen

 Definisi indifference curve: adalah kurva yang menghubungkan titik-titik kombinasi dari konsumsi (atau pembelian) barang-barang yang menghasilkan tingkat kepuasan yang sama. Indifference curve memperlihatkan semua kombinasi dari pilihan konsumen yang memberikan tingkat kepuasan atau utility yang sama bagi seseorang atau konsumen. 

- Ciri-ciri kurva indiferens:

1.     Mempunyai kemiringan yang negatif (konsumen akan mengurangi konsumsi barang yg satu apabila ia menambah jumlah barang lain yang di konsumsi)

2.     Cembung ke arah titik origin, menunjukkan adanya perbedaan proporsi jumlah yang harus ia korbankan untuk mengubah kombinasi jumlah masing-masing barang yang dikonsumsi (marginal rate of substitution)

3.     Tidak saling berpotongan, tidak mungkin diperoleh kepuasan yang sama pada suatu kurva indiferens yang berbeda

- Bentuk Kurva Indeferen :










- Properti atau Sifat – Sifat Kurva Indiferen

1. Kurva indeferen yang lebih tinggi lebih disukai daripada yang lebih rendah

-      Setiap konsumen biasanya lebih suka jika dapat mengkonsumsi barang dalam jumlah lebih banyak

-      Kurva indeferen yang lebih tinggi melambangkan ketersediaan barang lebih banyak daripada kurva di bawahnya










DAFTAR PUSTAKA

 

TEORI PERILAKU KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN ORDINAL. 2016 http://repository.uki.ac.id/1399/1/8.MODUL%20Teori%20Perilaku%20Konsumen_Ordinal5.pdf

https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/5._TEORI_PERILAKU_KONSUMEN.pdf

 

EMAIL :

Bobic.alexzander.s@gmail.com                                          https://www.untag-sby.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Teori biaya produksi jangka panjang, skala ekonomis dan tidak ekonomis

Materi Biaya Produksi Jangka Pendek