MATERI STRUKTUR PASAR YAITU PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN PASAR MONOPOLI
NAMA : Bobic Alexzander Setiawan
NBI
: 1232000019
PENGANTAR EKONOMI MIKRO
K
STRUKTUR
PASAR YAITU PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN PASAR MONOPOLI
A. Struktur pasar
(market structure) adalah suatu variabel yang menunjukkan karakteristik dan
kondisi suatu pasar seperti jumlah pembeli dan penjual, keadaan produk, keadaan
pengetahuan penjual dan pembeli, serta keadaan rintangan pasar. Struktur pasar
terkait jumlah dan ukuran distribusi perusahaan dalam pasar serta mudah atau
sulitnya masuk dan keluar dari pasar.
Struktur pasar
merupakan keadaan pasar yang memberi petunjuk tentang aspek yang memiliki
pengaruh penting terhadap perilaku usaha dan kinerja pasar. Aspek-aspek yang
menentukan struktur pasar yaitu jumlah penjual dan pembeli, hambatan masuk dan
keluar pasar, keragaman produk, sistem distribusi dan penguasaan market power.
Berikut definisi dan pengertian struktur pasar (market
structure) dari beberapa sumber buku:
- Menurut Jaya (2001), struktur pasar adalah
suatu variabel yang digunakan dalam menentukan perilaku perusahaan,
interaksi perilaku perusahaan dan struktur pasar akan menentukan sebuah
kinerja. Selanjutnya kinerja memiliki pengaruh terhadap pembentukan dari
suatu struktur.
- Menurut Teguh (2010), struktur pasar adalah
karakteristik yang menunjukkan kondisi pasar, seperti jumlah pembeli dan
penjual, keadaan produk, keadaan pengetahuan penjual dan pembeli, serta
keadaan rintangan pasar. Perbedaan pada elemen-elemen itu akan membedakan
cara masing-masing pelaku pasar dalam industri berperilaku, yang pada
gilirannya akan menentukan perbedaan kinerja pasar yang terjadi.
- Menurut Hasibuan (1993), struktur pasar adalah
jumlah dan ukuran distribusi perusahaan dalam pasar serta mudah atau
sulitnya masuk dan keluar dari pasar. Struktur pasar menjadi ukuran
penting dalam mengamati variasi perilaku dan kinerja industri, karena
secara strategis dapat mempengaruhi kondisi persaingan serta tingkat harga
barang dan jasa, pengaruh itu akhirnya sampai pada kesejahteraan
masyarakat (social-welfare).
- Menurut Arsyad dan Kusuma (2014), struktur
pasar adalah derajat persaingan dalam industri yang cenderung berubah
secara perlahan-lahan, bahkan dapat dianggap tetap atau relatif permanen
dalam jangka pendek. Struktur dalam industri, setidaknya, terkait dengan
beberapa hal seperti, derajat konsentrasi penjual, derajat konsentrasi
pembeli, derajat diferensiasi produk, dan tingkat kesulitan yang ditemui
oleh perusahaan baru untuk masuk ke dalam suatu industri.
B. Bentuk-Bentuk Struktur
Pasar
Menurut Case
& Fair (2008) dan Sukirno (2010), struktur pasar dapat dikelompokkan
menjadi empat jenis, yaitu; pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar
persaingan monopolistik, dan pasar oligopoli. Adapun penjelasan dari
masing-masing jenis struktur pasar tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah
pasar di mana persaingannya berada di level yang paling besar. Ekonom
Neo-klasik berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna akan menghasilkan hasil
terbaik bagi konsumen, dan masyarakat. Dapat dikatakan sempurna karena di dalam
pasar penjual sama-sama menjual barang sejenis dan tidak ada persaingan harga
di dalamnya serta para penjual dapat bebas keluar masuk pasar karena di dalam
pasar persaingan sempurna tidak ada penghalang atau barriers. Pelaku di pasar
persaingan sempurna dalam hakikatnya tidak memiliki kemampuan sama sekali untuk
menentukan harga pasar. Harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar yaitu
interaksi permintaan dan penawaran.
Pasar persaingan sempurna ditandai dengan ciri-ciri sebagai
berikut:
- Terdapat banyak perusahaan di pasar. Sifat ini
meliputi dua aspek, yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan
masing-masing perusahaan adalah relatif kecil jika dibandingkan dengan
keseluruhan jumlah perusahaan yang ada di dalam pasar. Sebagai akibatnya
produksi setiap perusahaan adalah sangat sedikit jumlahnya apabila
dibandingkan dengan jumlah produksi dalam industri tersebut. Sifat ini
menyebabkan suatu perusahaan tidak dapat mempengaruhi harga barang yang
diperjual belikan di pasar.
- Komoditas yang diperjual belikan adalah homogen. Barang
yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibedakan. Barang
yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Tidak dapat perbedaan yang nyata
di antara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan yang
lainnya.
- Perusahaan adalah pengambil harga (price taker). Pengambil
harga atau price taker berati suatu perusahaan yang ada di dalam pasar
tidak menentukan atau mengubah harga pasar. Apapun tindakan perusahaan
dalam pasar, tidak akan menimbulkan perubahan terhadap harga pasar yang
berlaku. Harga barang dipasar ditentukan oleh interaksi di antara
keseluruhan produsen dan keseluruhan pembeli. Produsen terlalu kecil
peranannya di dalam pasar sehingga tidak dapat mempengaruhi penentuan
harga atau tingkat produksi yang diciptakan seorang produsen merupakan
bagian kecil saja dari keseluruhan jumlah barang yang dihasilkan dan
diperjual belikan.
- Pembeli mempunyai informasi yang sempurna
tentang keadaan pasar. Dalam pasar persaingan sempurna juga
diasumsikan bahwa setiap konsumen mempunyai informasi yang sempurna
tentang keadaan pasar, yaitu mereka mengetahui tingkat harga barang yang
beraku dipasar, sehingga apabila ada perusahaan (produsen) yang menaikkan harga
barang tersebut lebih mahal dari harga yang berlaku dipasar. Akibatnya
tidak ada produsen yang menjual barang di atas harga jika tidak mau
ditinggalkan oleh konsumennya.
- Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
industri.
Produsen yang ada di dalam pasar industri tersebut dapat dengan mudah
melakukan kegiatan yang diinginkannya, misalnya perusahaan mengalami
kerugian dan ingin meninggalkan industri/pasar tersebut langkah ini dapat
dengan mudah dilakukan.
2. Pasar Monopoli
Berbeda dengan pasar persaingan
sempurna, pasar monopoli merupakan kebalikan dari pasar tersebut di dalam pasar
monopoli hanya terdapat satu penjual untuk satu jenis barang tertentu. Pada
umumnya produsen monopoli memperoleh laba melebihi normal karena adanya
hambatan masuk ke dalam pasar serta di dalam pasar monopoli produsen adalah
sebagai price maker. Pasar monopoli merupakan suatu pasar, atau industri dimana
perusahaan individual memiliki kontrol atas harga output mereka. Semua
perusahaan di dalam pasar monopoli sama-sama memiliki satu hal, yaitu
menerapkan kekuatan pasar, kemampuan untuk menaikkan harga tanpa kehilangan
semua permintaan akan produk mereka.
Pasar monopoli ditandai dengan ciri-ciri sebagai
berikut:
- Pasar monopoli industri yang terdiri dari satu
perusahaan.
Pasar monopoli terdiri dari satu perusahaan yang menyebabkan barang dan
jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli
tidak mempunyai pilihan lain kalau mereka menginginkan barang tersebut
maka mereka harus membeli dari perusahaan tersebut.
- Tidak mempunyai komoditas pengganti yang mirip
dan tidak tergantikan. Barang yang dihasilkan oleh perusahaan tidak
monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain. Barang tersebut
merupakan satu-satunya jenis barang yang ada dipasar dan tidak terdapat barang
mirip (close substitute) yang dapat menggantikan barang tersebut. Aliran
listrik adalah contoh dari barang yang tidak mempunyai barang pengganti
yang mirip tidak memungkinkan perusahaan-perusahaan lain untuk masuk
industri karena adanya hambatan bersifat ilegal.
- Perusahaan monopoli dapat mempengaruhi
penentuan harga.
Oleh karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam
pasar, maka ia mempunyai kekuasaan penuh dalam menentukan harga barang
yang dijual di pasar. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai
penentu harga (price setter). Dengan mengadakan pengendalian terhadap
produksi dan jumlah barang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan
harga pada tingkat yang dikehendakinya.
DAFTAR
PUSTAKA
Struktur
Pasar (Pengertian, Elemen, Unsur dan Bentuk-bentuk) 2020. https://www.kajianpustaka.com/2020/12/struktur-pasar.html
EMAIL
:
bobic.alexzander.setiawan@gmail.com
https://www.untag-sby.ac.id/
Komentar
Posting Komentar